halaman Digital Printing King Victory Mojokerto

Jumat, 17 Februari 2012

BROSUR DAN POSTER

Contoh desain brosur

FUNGSI BROSUR

Brosur adalah salah satu senjata pemasaran bagi perusahaan. Apalagi kalau perusahaan baru mulai berkenalan dengan para konsumen. Brosur bisa mewakili tugas salesman untuk menjelaskan produk dari perusahaan atau menjelaskan program-program suatu lembaga atau organisasi. Karena brosur lebih banyak memuat tulisan yang mengulas tentang sebuah produk atau program. Sehingga dengan membaca brosur, orang sudah cukup terwakili untuk mengetahui sesuatu. Dan bila isi yang disajikan brosur itu mengesankan dan menarik, bukan tidak mungkin brosur menjadi salesman yang akurat untuk mendatangkan pembeli sebanyak mungkin.
Dengan mencetak dan menyebarkan brosur orang banyak menjadi lebih banyak tahu tentang informasi / pesan yang ada didalamnya. Orang-orang akan punya kesempatan untuk membaca dan kemudian mengenal sebuah produk. Hal itu akan menjadi bahan renungan  apakah  dia benar-benar cocok dengan ide atau produk
yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Misalnya Pak Rudi sedang mencari sebuah sepeda motor untuk anaknya yang mau masuk kuliah. 'Ndilalah'  Pak Rudi melihat selembar  kertas  brosur  yang  tertempel  di  batang  pohon yang ternyata setelah dibaca berisi tentang informasi penawaran sepeda motor merek baru yang murah dan bagus. Padahal sebelumnya Pak rudi sudah  ancang-ancang  membeli  sepeda motor  second (bekas) yang masih bagus. Ternyata brosur yang Pak Rudi baca itu memberi informasi sepeda motor yang bagus dan murah.Akhirnya Pak Rudi berpikir ulang untuk membeli sepeda second. Dan mencoba mendatangi dealer sepeda motor yang murah dan bagus yang dia baca di brosur tadi.
Itu hanya ilustrasi saja. Bahwa brosur juga cukup berperan untuk memperkenalkan produk bisnis atau program-program dari suatu lembaga.

JENIS BROSUR

BROSUR punya saudara kembar yang berbeda nama yaitu  PAMFLET dan atau SELEBARAN.
Brosur lebih banyak menggunakan kertas yang tipis semacam kertas HVS 70 gram atau 80 gram. Bila ingin brosurnya terlihat lebih berkesan dan exclusive, bisa dicetak dengan memakai kertas Art Paper 80 gram atau 100 gram. Kertas Art Paper atau biasa dsingkat AP karakternya adalah mengkilap dan halus sehingga bila di cetak untuk membuat brosur hasilnya juga lebih bagus.
Sedangkan Pamflet, saudara Brosur biasanya berbahan kertas tebal dan lebih variatif, artinya lipatan-lipatan pamflet kadang bermacam-macam.

UKURAN BROSUR

Brosur ukuran folio penuh
Menentukan ukuran brosur bisa berdasarkan banyaknya text atau gambar
Brosur ukuran 1/4 folio
yang akan dimuat ke dalam brosur itu. Semakin banyak informasi otomatis text / tulisan akan semakin banyak digunakan. Artinya ukuran brosur akan semakin besar. Apalagi kalau informasi yang akan disampaikan adalah hal yang penting, maka text harus mudah dibaca dengan menampilkan huruf yang besar-besar. Misalnya brosur / pamflet dari kantor Dinas Kesehatan yang menyebarkan informasi tentang penyakit AIDS, Brosur dari dealer motor yang mengobral berbagai merek motor dengan menyertakan daftar harga. Kedua brosur tadi sangat disarankan untuk menggunakan text atau tulisan yang mudah di baca orang. Artinya dengan tulisan yang banyak dan lebih besar maka ukuran brosur juga semakin besar.
Brosur ukuran 1/2 folio
Kalau memang informasi yang akan disampaikan itu tidak terlalu penting, maka bisa dibikin kecil-kecil saja sebagai pelengkap dan pemanis tampilan brosur.
Asal muasalnya brosur kebanyakan bermula dari ukuran FOLIO yaitu 21,5
Brosur ukuran 1/3 folio.
cm X 33 cm. Dari ukuran itu kemudian brosur dijadikan beberapa ukuran lainya sesuai kebutuhan dan kegunaan antara lain:
- BROSUR ukuran 1/2 FOLIO, 16,5 cm X 10,5 cm
- BROSUR ukuran 1/4 FOLIO, 10,5 cm X 8 cm
- BROSUR ukuran 1/3 FOLIO, 21,5 cm X 11 cm
dan seterusnya.
Ukuran brosur ini adalah pilihan paling umum. Bila diperlukan bisa membuat ukuran sendiri menyesuaikan kebutuhan, kegunaan brosur dan banyaknya text dan gambar yang akan dibuat.


Brosur ukuran folio dilipat 3
Selain brosur ukuran folio, standar lain adalah menggunakan ukuran A4 yaitu 29,7 cm X 21 cm.
Ukuran Brosur dengan berdasarkan kertas ukuran A4 = 29,7 cm X 21 cm.    Berarti A5 adalah separuhnya A4.   A6 adalah seperempatnya A6

PERCETAKAN DIGITAL KING VICTORY
Jl. Raya Prajuritkulon  No.12 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia peta lokasi
IM3 0856 55 25 75 91
Simpati 081 357 460 109
Email : cakman_yes@yahoo.co.id
Luar kota dan luar pulau jika berkenan pesan brosur di percetakan king victory tetap dilayani.

PESAN BROSUR DI PERCETAKAN

Sebenarnya jika anda bisa mendesain brosur sendiri, anda bisa membuat brosur sendiri dengan cukup di cetak dengan printer yang anda miliki, hanya saja kelemahan brosur yang dicetak menggunakan printer rumahan semisal Epson, Canon, Brother, HP dan lainya, cat atau tinta mudah luntur. Selain itu pula kertas yang digunakan juga sebatas HVS saja. Untuk kertas AP (mengkilap) jika di print hasil warnanya akan tampak buram dan kusam.
Lalu bagaimana sebaiknya?
Jika menginginkan kwalitas Brosur yang sempurna maka anda harus pergi ke percetakan untuk membuatnya. Dari mulai proses awal desain sampai finishing brosur, semua ada ilmunya agar menjadi produk yang sempurna.

POSTER

Poster hampir mirip dengan brosur. Beberapa perbedaanya antara lain:
- Ukuran panjang lebar kertas lebih besar yaitu sekitar, 48 X 64 cm.  Untuk brosur 21,5 X 33 cm
- Text dan gambar POSTER lebih menonjol. Karena hanya berisi sedikit pesan yang pokok-pokok saja. Jika Brosur informasinya biasanya lebih mendetail dan menyeluruh
- Ketebalan kertas poster sekitar 150 gram. 
Poster milik perusahaan rokok
Poster yang banyak dijumpai di rumah sakit dan puskesmas serta apotik yang ditempel di dinding untuk memberikan informasi singkat tentang kesehatan.

PERCETAKAN DIGITAL KING VICTORY

Jl. Raya Prajuritkulon  No.12 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia peta lokasi
IM3 0856 55 25 75 91
Simpati 081 357 460 109
Email : cakman_yes@yahoo.co.id
Luar kota dan luar pulau jika berkenan pesan brosur di percetakan king victory tetap dilayani.