halaman Digital Printing King Victory Mojokerto

Senin, 13 Februari 2012

PERCETAKAN DIGITAL PRINTING

salah satu jenis mesin digital printing (cetak digital)
Sebenarnya cetak offset dan cetak sablon juga bisa melayani cetak tanpa minimal order. Tapi masalahnya yang gak mau di selesaikan oleh pemesan cetakan yaitu, para pemesan cetakan tanpa minim itu tidak tahu bagaimana proses awal percetakan untuk memproduksi sebuah pesanan, yang ternyata pihak percetakan harus melewati beberapa  'ritual' wajib untuk menggarap pesanan dari
konsumen. Yang mana ritual ini dilakukan sama persis ketika konsumen datang memesan cetakan dengan
jumlah banyak ataupun datang dengan order cetakan tanpa minim. Karena langkah awal sama yaitu antara biaya yang dibutuhkan untuk order tanpa minim dan biaya untuk order ribuan itu sama, maka ongkos order tanpa minim menjadi sangat mahal. Sedangkan order ribuan menjadi sebaliknya yaitu sangat murah. Bahkan bisa berlaku rumus makin banyak makin murah.
Cover buku yang dicetak tanpa minim order
Misalkan A pesan sertifikat 1000 lembar, sementara B pesan sertifikat seratus lembar. Mereka berdua pesan kepada percetakan C. Maka kemudian percetakan C mengawali mengerjakan pesanan milik A dan B, langkahnya yaitu Setting/Desain kemudian dari setting menjadi proses Film, kemudian dari Film melangkah ke proses Rekam Plat, dari Plat melangkah ke mesin cetak. Baru dari mesin cetak itu percetakan C mencetak sertifikat pesanan milik A sebanyak 1000 lembar dan mencetak sertifikat pesanan B sebanyak seratus lembar. Setelah selesai A dan B datang mengambil pesanan mereka. Percetakan C menyerahkan nota tagihan untuk A senilai Rp.1.000.000,- . Sedangakan nota tagihan untuk B sebesar Rp.750.000,-
Lho!...mengapa B harus membayar sangat mahal? bukankah seharusnya dia hanya membayar Rp.100.000,- saja?
Jawabnya adalah karena proses awal percetakan tadi adalah sama. Jadi biaya awal produksi untuk sebuah pesanan, baik itu pesanan banyak ataupun sedikit, biaya pembuatanya adalah sama. Sehingga pemesan B harus membayar ongkos produksi sama besar dengan pemesan A.
Jadi sangat jelas kan?...Mengapa setiap percetakan, meminta minimal order kepada pemesan terutama kalau pemesan butuh cetakan berwarna?


Gambar alur proses mencetak dengan mesin offset :

 1. setting/desain                 2. Film                       3. Plat                        4. Cetak               5. Hasil Cetak

Gambar alur proses mencetak dengan alat sablon :

Gambar alur proses mencetak dengan mesin digital printing :


Melihat gambar diatas jadi lebih jelas bagaimana proses mencetak barang cetakan dengan 3 macam cara. Offset, Sablon dan Digital Printing.
Pada dasarnya mencetak tanpa minim, 10 lembar, 100 lembar, 200 lembar itu bisa saja dengan memakai 3 cara tersebut. Tetapi untuk cara offset dan sablon harus menggunakan 5 langkah. Yang mana setiap langkahnya butuh biaya atau dana yang tidak sedikit.
Dengan cara Digital Printing, maka hanya melewati 3 langkah. Sehingga biayanya telah berkurang banyak. Sehingga cocok sekali untuk kebutuhan barang cetakan tanpa minim order.

Walaupun demikian, untuk kebutuhan barang cetakan masal/banyak/diatas minimal, Digital Printing masih belum mampu menyamai biaya produksi mesin offfset. Untuk oplah 1000 lembar lebih akan lebih murah menggunakan mesin offset seperti untuk mencetak dos kemasan jamu, baju. Nota dengan jumlah banyak, Buku dll.
Sedangkan sistem sablon, keunggulanya ada pada mencetak barang-barang / kertas yang terlalu tebal dan kertas yang bertextur kasar. Sablon juga mampu menjadi pemecah masalah untuk mencetak gambar atau text pada Plastik yang jumlah pesananya minim / sedikit, mencetak keramik, batik pada kain dan lain-lain yang tidak mampu dilakukan oleh mesin offset dan digital printing. Hanya saja sablon tidak bisa mencetak full color. Kalaupun bisa, butuh ketrampilan khusus dari seorang tukang sablon yang berpengalaman. Hasilnyapun tetap kalah halus dengan mesin offset ataupun digital printing.

Percetakan Digital & Toko KING VICTORY.
Jl. Raya Prajurit Kulon No.12 Mojokerto.  peta lokasi
Simpati 081 357 460 109
IM3 085655257591
Email cakman_yes@yahoo.co.id


Setiker hasil cetak digital printing, dicetak tanpa minimal order, hanya 100 biji
Brosur dicetak dengan digital printing, dicetak sangat minim order, cuma satu untuk contoh


Percetakan Digital & Toko KING VICTORY.

Jl. Raya Prajurit Kulon No.12 Mojokerto.  peta lokasi

Simpati 081 357 460 109

IM3 085655257591

Email cakman_yes@yahoo.co.id