halaman Digital Printing King Victory Mojokerto

Jumat, 11 Maret 2011

DOS DAN KEMASAN

Apa bedanya DOS dan KEMASAN?
DOS alias KARDUS adalah sebuah kotak yang lazimnya terbuat dari kertas tebal / kertas karton. Fungsinya adalah sebagai kemasan suatu produk. Misalnya untuk mengemas Sepatu. Disamping Dos atau kardus sebagai pelindung dari cuaca panas atau hujan yang bisa merusak barang hasil produksi,
juga berfungsi sebagai pemanis. Sehingga dengan kemasan kardus, maka sebuah produk menjadi lebih bernilai. Walaupun pada akhirnya, nasib si kardus akan dicampakan di tempat sampah.
KEMASAN tidak hanya berupa kardus. Kemasan bisa berupa kaca, plastik, kertas lainya, kayu dan sebagainya.
Produsen kemasan pada umumnya adalah percetakan. Di percetakan, proses produksi kemasan di buat dari mulai desain awal sampai pada tahap penyelesaian tidak lepas dari menggunakan alat / mesin. Dengan mesin yang canggih dan tenaga kerja yang mumpuni berbagai bentuk kemasan tercipta lebih bagus dan bervariasi.
Antara produsen KEMASAN PLASTIK dan KEMASAN KARDUS, alatnya sudah berbeda-beda. Tenaga kerjanya juga perlu memiliki skill yang berkompeten. Jadi bila anda ingin membuat kemasan kardus lalu pergi ke printing kemasan plastik, mereka tidak akan melayani kecuali kalau alat sudah tersedia dengan lengkap anatar alat kemasan plastik dan alat kemasan kardus. Tapi biasanya yang banyak ada adalah, Pabrik kemasan kardus fokus pada bidangnya. Pabrik kemasan plastik juga fokus pada pekerjaanya. Artinya masing-masing bidang perlu penanganan yang berbeda-beda. 
Jadi kalau anda ingin pesan KARDUS untuk produksi baju anda, maka harus pergi ke percetakan.